KLIK DISINI...!

Sejarah Perkembangan Virus Komputer

09.51
Seperti halnya manusia yang memiliki sejarah, virus pun demikian. Berikut adalah sejarah mengenai virus sejak hadirnya virus pertama kali.

1. Elk Cloner (1981)
Virus pertama kali ditemukan pada tahun 1981, terdapat pada komputer Apple II, bernama Elk Cloner . Virus ini menampilkan beberapa rangkaian kata seperti berikut :
It will get on all your disks
It will infiltrate your chips
Yes it’s Cloner!
It will stick to you like glue
It will modify ram too
Send in the Cloner!

2. Virdem (1986)
Pada tahun 1986 dua orang bersaudara dari Pakistan menganalisis tentang boot sector sebuah disket dan mengembangkan sebuah metode untuk menginfeksi dengan sebuah virus dan diberi nama “Brain”. Karena penyebaran serta perkembangannya terjadi pada sistem operasi MS-DOS, maka virus tersebut termasuk jenis virus stealth yang pertama. Pemikiran tersebut dicetuskan dari eksperimen Fred Cohen dan virus Apple II. Pada tahun yang sama lahir Trojan yang pertama dalam bentuk program Shareware, yaitu Trojan PC-Write.
Masih pada tahun yang sama, seorang programer bernama Ralph Burger mengetahui bahwa sebuah program dapat membuat duplikat dirinya sendiri. Caranya dengan menambahkan kodenya ke dalam fiel eksekusi DOS. Virus pertamanya diberi nama “Virdem”. Hal ini kemudian pada sebuah forum komputer “Underground” pada bulan Desember 1986. Virdem merupakan virus file yang pertama yang mana ia akan menulis dirinya pada awal file *.COM atau pada drive A:\. Terdapat beberapa keluarga Virdem dengan efek yang berbeda-beda, misalnya Virdem.1542 memiliki kemampuan menghapus layar, Virdem.824 menampilkan pesan “Datum falsch. Bitte DATE aufrufen”, serta masih banyak lagi jenis videm yang lain dengan kemampuan yang berbeda pula.

3. Lehigh (1987)
Pada tahun 1987 virus file mulai bermunculan. Kebanyakan virus tersebut menyerang file dengan ekstensi *.COM, khususnya Command.com. serangan pertama terhadap file Command.com dilakukan virus Lehigh. Pada masa itu pembuatan virus juga menyerang file *.EXE, seperti virus Suriv-02. Dengan penyebaran yang cepat worm menyerang komputer mainframe milik IBM sepanjang tahun itu dan dikenal dengan nama “The IBM Chrismast Worm”.

4. MacMag (1988)
MacMag merupakan virus pada Macintosh yang pertama kalinya. Pada tahun itu juga Worm Internet menyebabkan krisis pada Internet dan mematikan banyak komputer.

5. AIDS Trojan (1989)
Pada tahun ini terkenal dengan trojan yang bernama AIDS Trojan yang mana memiliki karakter menahan simpanan data. Virus tersebut menyebar sebagai program informasi AIDS.

6. Exchange (1990)
Virus exchange pertama (VX) BBS berawal dari Bulgaria. Pembuat virus tersebut dapat menukar kode dan mengubah tujuannya. Masih pada tahun yang sama, buku tentang penulisan virus yang ditulis oleh Mark Ludwig diterbitkan.

7. Tequila (1991)
Tequila adalah virus polymorphic yang pertama. Virus ini berasal dari Switzerland. Ia dapat mengubah diri sebagai usaha untuk menghindari deteksi dari antivirus.

8. Toolkit Pembuat Virus (1992)
Pada tahun 1992 “the Dark Avenger Mutation Engine (DAME)” menjadi toolkit pertama yang dapat digunakan untuk mengubah virus menjadi virus polymorphic. Pada tahun ini “Virus Creation Laboratory (VCL)” menjadi perangkat pembuat virus yang pertama. Media lainnya yang terkenal adalah Michelangelo.
Hingga saat ini toolkit virus terus berkembang dengan berbagai macam versi, misalnya “The Walrus Macro Virus Generator (WMVG)” merupakan toolkit untuk membuat virus macro, bahkan ada yang beranggapan bahwa membuat sebuah virus ibarat membuat mie instant, tinggal direbus air secukupnya jadilah sebuah bak mie siap saji dalam sekejap.

9. Concept (1995)
Tahun 1995 merupakan tahunnya virus, namun meskipun begitu belum sampai mencetak hits alias belum menjadi masalah yang terlalu serius. Virus-virus yang muncul diantaranya NightFall, Nostardamus, Nutcracker, Bisexual, DieHard2. Akan tetapi, pada tahun ini penyebaran virus menjadi lebih cepat. Virus macro pertama mulai dikembangkan untuk menyerang Microsoft Word yang bernama Concept.

10. Staog (1996)
Semenjak berkembang, virus lebih banyak menyerang sistem operasi Windows. Sehingga banyak orang beranggapan bahwa Windows bukanlah sebuah sistem operasi yang kebal terhadap virus. Akibatnya banyak orang beralih menggunakan sistem operasi Linux, karena jarang bahkan tidak pernah terdengan kabar Linux terkena serangan virus. Namun setelah banyak orang migrasi menggunakan Linux, tahun 1996 anggapan bahwa Linux merupakan sistem operasi yang kebal virus terpatahkan, karena Linux mendapat serangan sebuah virus yang bernama Staog. Sehingga muncul anggapan selama ada sistem operasi maka virus pasti akan tetap ada.
Pada tahun yang sama juga merupakan epidemi virus bagi Windows 3.x. Muncul Boza yang dirancang khusus menyerang file-file Windows 95. Laroux adalah virus macro bagi Microsoft Excel. Staog dan Boza dibuat oleh kelompok yang sama.

11. Strange Brew (1998)
Strange Brew adalah virus Java pertama dan Back Orifice yang dibuat oleh kelompok yang bernama “The Cult of The Dead Cow (cDc)” adalah trojan yang pertama yang dirancang sebagai tool kendali jarak jauh (remote administrator) yang mengijinkan seseorang mengambil alih komputer seseorang mengambil alih komputer orang lain via internet. Virus macro untuk Microsoft Access mulai muncul juga pada tahun ini.

12. Melissa (1999)
Melissa adalah hasil kombinasi virus yang pertama antara virus Macro Ms. Word dan Worm untuk menggunakan buku alamat Outlook dan Outlook Express yang dapat mengirimkan dirinya kepada yang lain melalui email. Virus ini muncul pada bulan Maret. Corner adalah virus pertama yang menyerang file-file Ms. Project. Tristate adalah multi program pertama macro virus yang menyerang file Ms. Word, Excel, dan Powerpoint. Bubbleboy adalah worm pertama yang akan aktif ketika seorang pengguna membuka pesan email dari Microsoft Outlook.

13. Love Letter (2000)
Pada bulan Mei, worm Love Letter (Surat Cinta) menjadi worm yang menyebar paling cepat pada saat itu. Worm ini dibuat oleh seorang anak muda asal Makati, Filipina yang bernama Oneil de Gusmann bersama kelompok hacker yang bernama Grammersoft. Untuk menyebarkan worm ini, ia menggunakan jasa trojan Barok hasil ciptaannya. Worm ini mematikan semua sistem email di seluruh dunia. Agustus 2000 muncul trojan pertama yang dikembangkan untuk Palm PDA yang disebut Liberty. Streams menjadi bukti pertama dari rencana konsep virus NTFS Alternate Data Streams yang terjadi pada awal September.

14. Worm Gnuman (2001)
Worm Gnuman muncul pada akhir Februari. Worm ini menutupi dirinya dari sistem file sharing Gnutela. Pada bulan Maret diluncurkan sebuah bukti rancangan virus untuk menyerang dua sistem operasi sekaligus, yaitu Windows dan Linux. Pada awal Agustus, worm PeachyPDF-A menjadi worm pertama yang menyebar menggunakan software Adobe pada file *.PDF. Ini hanya terjadi pada full version bukan pada viewer PDF yang free. Pada tahun yang sama, lahir berbagai virus lainnya, seperti worm Nimda, Sircam, CodeRed, dan BadTrans.

15. LFM-926 (2002)
Awal Januari 2002 virus LMF-926 muncul sebagai virus pertama yang menyerang file Shockwave Flash (*.SWF). Dalam tahun yang sama, lahir berbagai worm lain, seperti Sharp-A worm yang dibuat oleh seorang wanita, Donut, SQLSpider, Benjamin, dan Perrun.
Previous
Next Post »
0 Komentar