KLIK DISINI...!

Mengenal Aplikasi Office Web 2010

04.47 Add Comment
Pembaca mungkin sudah familiar dengan aplikasi web berbasis word processing seperti Google Docs, Zoho, ataupun ThinkFree Online dimana ini menawarkan bagaimana kita bekerja dengan dokumen secara web. Servis memungkinkan kita untuk membuat atau mengedit dokumen (DOC), Excel spreadsheets (XLS) dan powerpoint presentation (PPT). Pada versi gratis kita dapat sharing file dan folder tetapi untuk fitur kolaborasi, keamanan yang lebih ataupun fitur spesifik maka kita harus membayar yang besarnya tergantung skema fitur yang diinginkan. Contoh tampilan aplikasi Google Docs dapat dilihat pada gambar dibawah ini
gambar1
Microsoft yang beberapa bulan lalu sudah mempublikasikan aplikasi Microsoft Office 2010 dimana didalamnya terdapat aplikasi seperti Office Word, Excel, Powerpoint, Outlook, Access, InfoPath, OneNote, Visio, Publisher. Semuanya aplikasi ini adalah aplikasi desktop. Selang waktu setelah aplikasi Microsoft Office 2010 diluncurkan, Microsoft juga meluncurkan produk baru aplikasi Microsoft Office Web 2010.
Microsoft sendiri sudah menyiapkan aplikasi Office web 2010 ini di data center mereka yang berbasis cloud computing sehingga user dapat mengakses dokumen secara online seperti halnya Google Docs. Ini artinya perperangan dokumen online semakin seru didunia maya.

SharePoint 2010 dan Office Web 2010

Aplikasi Office Web 2010 merupakan salah satu produk unggulan Microsoft dimana sebagian apliksi Office 2010 dibuat menjadi versi web. Aplikasi Office Web 2010 berjalan diatas platform SharePoint 2010 sehingga kita harus menginstall SharePoint 2010 sebelum menginstall Aplikasi Office Web 2010. Contoh tampilan Office web 2010 dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
gambar2

Paket Aplikasi Office Web

Tidak semua aplikasi Microsoft Office 2010 yang diubah dari dektop menjadi web tetapi hanya beberapa aplikasi saja. Paket aplikasi Office web 2010 meliputi
•    Word
•    Excel
•    PowerPoint
•    OneNote
Setiap user yang mengakses aplikasi office web ini dapat melakukan pembuatan dokumen, editing, dan hapus. Selain itu, user juga dapat sharing dan bekerja dengan sembarang platform mulai dari PC, laptop hingga mobile device.