KLIK DISINI...!

UNSUR-UNSUR DALAM PENDIDIKAN ISLAM (IPI)

09.07
unsur-unsur pendidikan islam ada 9, yaitu:
1. Asas Pendidikan
Islam mengatakan bahwa Alquran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Alquran ini juga dipandang sebagai keagungan dan penjelasan, namun juga sering kali disebut sebagai petunjuk dan buku. Alquran berisi segala hal mengenai petunjuk yang membawa hidup manusia bahagia di dunia dan bahagia di akhirat kelak. Kandungan yang ada di dalam Alquran meliputi segala hal

2. Tujuan Pendidikan
Sesuai dengan Alquran disebutkan filosofis pendidikan islam bertujuan sesuai dengan hakikat penciptaan manusia yaitu agar manusia menjadi pengabdi Allah yang patuh dan setia (QS.51:56).

3. Materi Pendidikan
Materi (atau bahan) pelajaran dirumuskan setelah tujuan pengajaran ditetapkan. Materi pelajaran memiliki sifat-sifat, yang dapat dikategorikan:
a. Fakta
b. Konsep
c. Prinsip
d. Nilai
e. Keterampilan
f. Prosedur

4. Subjek Pendidikan
Yang dimaksud subjek di sini adalah pendidik atau guru. Hamalik dalam bukunya menyebutkan bahwa guru adalah jabatan profesional yang memerlukan berbagai keahlian khusus. Sebagai suatu profesi, maka harus memenuhi kriteria profesional, (hasil lokakarya pembinaan Kurikulum Pendidikan Guru UPI Bandung) sebagai berikut:
a. Fisik
b. mental/kepribadian
c. keilmiahan/pengetahuan
d. keterampilan

5. Objek Pendidikan
Yang dimaksud objek dalam sistem pembelajaran adalah peserta didik. Peserta didik merupakan sasaran dan sekaligus sebagai subjek pendidikan. Oleh sebab itu dalam memahami hakikat peserta didik, para pendidik perlu dilengkapi pemahaman tentang ciri-ciri umum peserta didik.

6. Metode Pendidikan
Metode mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Jenis-jenis metode mengajar antara lain:
a. metode ceramah
b. Metode tanya jawab atau dialog
c. Metode diskusi
d. Metode tugas atau resitasi
e. Metode kerja kelompok
f. Metode demonstrasi atau eksperimen
g. Metode problem solving
h. Metode sistem regu
i. Metode latihan atau drill
j. Metode karyawisata
k. Metode manusia sumber atau resource person
l. Metode simulasi
m. Metode sosiodrama
n. Metode survei masyarakat

7. Media Pendidikan
Media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan atau informasi yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. atau media pembelajaran dapat disebut juga sebagai sarana fisik untuk menyampaikan isi atau materi pembelajaran. Dengan kata lain media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa, sehingga terjadi proses belajar. Media pembelajaran dibagi menjadi tiga, yaitu:
a. media audio
b. Media visual
c. media audio visual

8. Evaluasi Pendidikan
Evaluasi pembelajaran merupakan proses sistematis untuk memberikan predikat pada tingkat kinerja akademik yang dicapai siswa. Jenis instrumen evaluasi adalah sebagai berikut:
a. tes, dibagi menjadi tiga, yaitu:
1. tes tulis
2. tes lisan (tes lisan kelompok maupun individu)
3. tes tindakan (baik kelompok maupun perorangan)
b. non tes: untuk menilai aspek tingkah laku, seperti: sikap, minat, perhatian, motivasi dan lain sebagainya.

9. Lingkungan Pendidikan
- Lingkungan alam atau luar
lingkungan alam atau luar adalah segala sesuatu yang ada dalam dunia ini yang bukan manusia, seperti rumah, tumbuh-tumbuhan, air, iklim dan hewan.
- Lingkungan dalam
Lingkungan dalam adalah segala sesuatu yang telah termasuk ke dalam diri kita, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik kita
- Lingkungan sosial
lingkungan sosial adalah semua orang atau manusia lain yang mempengaruhi kita
Previous
Next Post »
0 Komentar