सिलाबुस पेंगेम्बंगन कुरिकुलुम

08.38
MEMORIESSILABUS MATA KULIAH

Program Studi : Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Kode Mata Kuliah :
Nama Mata Kuliah : Pengembangan Kurikulum
Jumlah SKS :
Semester :
Mata Kuliah Pra :
Syarat : Dasar-dasar Kependidikan

1. Deskripsi Mata Kuliah
Kuliah ini merupakan eksplorasi mahasiswa dengan bimbingan dosen mengenai pengorganisasian dan pengembangan kurikulum., Kurikulum pada dasarnya merupakan wadah dan sarana untuk memuat dan mengembangkan visi dan misi yang dimiliki sebuah lembaga pendidikan supaya visi dan misi tersebut dapat terimplementasi dengan baik. Dengan ungkapan lain kurikulum menggambarkan dan menerjemahkan visi dan misi yang dimiliki. Kemudian kurikulum akan dijabarkan dalam komponen-komponennya yang terdiri dari tujuan pembelajaran, materi dan topik pembelajaran atau perkuliahan, bahan bacaan atau referensi yang dipakai, strategi pembelajaran, media atau sarana dan prasarana yang digunakan, dan model evaluasi yang dipilih untuk digunakan (Susilaningsih, Agus M. Najib (Eds) : Kesetaraan Gender di PTI, UIN Yogya 2004 : Hlm 32).

2. Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai dan mampu mengimplementasikan konsep, teori kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, landasan filosofis, psikologis, sosial budaya, IPTEK dalam pengembangan kurikulum, pendidikan karakter, formasi hierarki teori pendidikan dan kurikulum ragam model konsep kurikulum, desain kurikulum dalam pengajaran dan evaluasi kurikulum guna mencapai tujuan pendidikan / pembelajaran secara efektif, efisien dan ekonomis.


Kompetensi Dasar
Indikator Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu Alat / Bahan / Sumber Belajar
Penilaian

1.Mengidentifikasi latar belakang perlunya kurikulum dalam pendidikan dan mendefinisikan pengembangan kurikulum


Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan posisi kurikulum dalam pendidikan.
2. Konsep kurikulum.
3. Kurikulum dan teori pendidikan.
1. Mengkaji konsep kurikulum
2. Mengkaji konsep pedidikan.
3. Mendiskusikan hubungan timbal-balik kurikulum dan teori pendidikan.



1. Pengertian kurikulum meliputi : Ontologi, epistemologi dan Aksiologi
2. Makna strategis kurikulum dalam dunia pendidikan.
3. Paradigma baru kurikulum pendidikan
150’
OHP, LCD, Laptop, Hand out Kurikulum Untuk Abad 21, Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek 1997 : 1-26.
Porto Folio, Performance, Kuis dan Test

2. Memahami landasan dalam pengembangan kurikulum dan hubungan dengan dunia pendidikan

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat :
1. Menjelaskan landasan filosofis untuk pengembangan kurikulum
2. Menjelaskan psikologis untuk pengembangan kurikulum
3. Menjelaskan landasan sosial-budaya untuk pengembangan kurikulum
4. Menjelaskan landasan IPTEK untuk pengembangan kurikulum

1. Mengkaji dan mendiskusikan berbagai landasan manajemen terkait dengan beragam disiplin ilmu.
1. Landasan filosofis untuk pengembangan kurikulum.
2. Landasan psikologis untuk pengembangan kurikulum.
3. Landasan sosial-budaya untuk pengembangan kurikulum.
4. Landasan IPTEK untuk pengembangan kurikulum.
300’
OHP, LCD, Laptop, Hand out Ragam Landasan Untuk Pengembangan Kurikulum, Mohammad Ali, Pengembangan Kurikulum di Sekolah, 1984 : 18-49. Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek 1997 : 38-72
Porto Folio, Performance, Kuis, dan Test

3. Memahami, menghayati dan dapat mengelola pendidikan Akhlaq al Karimah dalam pembentukan karakter melalui dinamika pengajaran di kelas.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat :
1. Menjelaskan konsep pendidikan Akhlak.
2. Menanamkan nilai-nilai Akhlak dalam pembentukan karakter.
3. Menjelaskan nilai-nilai al-Qur’an tentang pendidikan karakter.

Mengkaji dan mendiskusikan konsep dan aplikasi pendidikan Akhlak sebagai upaya pembentukan karakter tunas bangsa.
1. Kerangka Teori :
(1) Hakikat manusia
(2) Hakikat pendidikan
(3) Nilai al-Qur’an tentang pendidikan Akhlak.
2. (1) Pandangn tentang manusia dan dunia kerja.
(2) Pandangan modern tentang manusia
(3) Pandangan al-Qur’an tentang manusia.
3. Pendidikan karakter solusi solutif membangun bangsa


200’
OHP, LCD, Laptop, Hand out
(1) Filsafat Pendidikan Akhlak, Suwito, 2004 : 43-49
(2) Falsafah Pendidikan : Fundamen yang Bernilai Reformatif, dalam Reformasi Pendidikan Muhammadiyah Suatu Keniscayaan, 2003. Winarno Surakhmad : 3-22.
(3) Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter ..... 2004 : 105-149
(4) M. Quraish Shihab Tafsir al-Misbah...jilid II 2007 : 107-168.

Porto Folio, kuis, Tes Essay & Tes Obyektif

4. (1) Memahami dan memiliki wawasan tentang susunan hierarki teori pendidikan dan kurikulum.
(2) Memahami perbedaan beragam model pengembangan kurikulum

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat :
1. Menjelaskan formasi (susunan hierarki) teori pendidikan & kurikulum.
2. Menjelaskan beragam model pengembangan kurikulum

.
1. Mengkaji dan mendiskusikan :
(1) Teori-teori Ilmu Pengetahuan Sosial
(2) Teori-teori Ilmu Pendidikan :
Teori-teori pengajaran, teori-teori bimbingan & koneling, teori evaluasi, teori administrasi, teori-teori kurikulum
(a) Teori-teori desain kurikulum
(b) Teori-teori rekayasa kurikulum
(c) Model pengembangan kurikulum
(3) Model pengembangan kurikulum :
(a) The administrative Model
(b) The grass roots model
(c) Bcauchamp’s system
(d) The demonstration model
(e) Taba’s inverted model
(f) Roger’s interpersonal relations model
(g) The systematic action-research model.
(h) Emerging technical models.

1. Menyajikan bahan pengajaran berupa bagan susunan hierarki teori pendidikan dan kurikulum serta menjelaskannya.
2. Menyajikan bahan pengajaran berupa bagan pengembangan kurikulum dan menjelaskannya.
200’
OHP, LCD, Laptop, Hand out
(a) Teori pendidikan & pengembangan kurikulum.
(b)Pengembangan kurikulum

Peter F Oliva, Developing The Curriculum, Published : Little, Brown and Company Canada, America 1982 :p.153-174
Nana SS, Pengembangan Kurikulum, 1977 : 23-37, 161-171.

Porto Folio, Performance, Kuis dan Tes

5. Memahami dan memiliki wawasan tentang anatomi & desain kurikulum dalam pengajaran.


Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat :
1. Mendeskripsikan tentang komponen-komponen kurikulum.
2. Membuat desain kurikulum..


1. Mengkaji komponen-komponen kurikulum meliputi :
(a) Tujuan.
(b) Bahan Ajar
(c) Strategi mengajar
(d) Media mengajar
(e) Evaluasi pengajaran
2. Mengkaji desain kurikulum :
(a) Berpusat bahan ajar
(b) Menyatukan beberapa mata pelajaran
(c) Mengutamakan peran siswa
(d) Berpusat pada masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.

1. Kurikulum ibarat organisme manusia atau binatang memiliki anatomi tertentu.
2. Desain kurikulum menyangkut pola pengorganisasian unsur-unsur atau komponen kurikulum.
3. Berdasar fokus pengajaran, paling tidak ada 3 pola desain kurikulum :
(a) Subject centered design
(b) Learner centered design
(c) Problem centered design
200’
OHP, LCD, Laptop. Hand out
(1) Komponen-komponen kurikulum
(2) Desain kurikulum

Nana SS, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek 1997 : 102-125

Porto folio, Kuis, Performance dan Tes

6. Memahami dan dapat mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan


Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat :
1. Merencanakan pendidikan dan pembelajaran dengan KTSP
2. Memahami dan memaknai standar isi
3. Memahami dan menjalankan standar kompetensi lulusan
4. Menyusun KTSP
5. Merencanakan & mengembangkan kurikulum muatan lokal.
1. Mengkaji konsep karakteristik dan tujuan KTSP.
2. Kerangka dasar & sruktur kurikulum serta kalender pendidikan.
3. Cara menjabarkan kompetensi dasar ke dalam indikator kompetensi
4. Kegiatan pengembangan diri
5. Pengembangan kurikulum lokal
Cara menyusun KTSP :
a. Proses menyusun KTSP
b. Mengembngkan komponen KTSP
c. Mekanisme penyusunan KTSP.
250’
OHP, LCD, Laptop, Hand out
(1) visi dan misi satuan pendidikan
(2) tujuan pendidikan satuan pendidikan
(3) menyusun kalender pendidikan
(4) struktur muatan KTSP
(5) Silabus
(6) RPP
(7) Mekanisme penyusunan KTSP
(8) Pengesahan KTSP
(9) Format dan kemasan dokumen KTSP
(10) Muatan Lokal & Pengembangan Diri, E. Mulyasa, 2006 : 17-144, 171-187, 245-286.

Porto folio, Kuis, Performance dan Tes

7. Memahami dan memilki kemampuan evaluasi kurikulum

8. Memahami dan memiliki kemampuan evaluasi “Pembelajaran dan Penilaian” berbasis KTSP.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan :
1. Peranan evaluasi kurikulum.
2. Ujian sebagai evaluasi sosial.
3. Model-model evaluasi kurikulum.
4. Penilaian hasil belajar “KTSP”
1. Mengkaji evaluasi kurikulum sebagai proses sosial.
2. Perkembangan evaluasi kurikulum
3. Pembelajaran & penilaian berbasis KTSP.
1. Peranan evaluasi minimal 3 hal :
(1) moral judgement
(2) evaluasi dan penetuan keputusan
(3) evaluasi dan konsesus nilai
2. Model evaluasi :
(1) evaluasi model penelitian.
(2) evaluasi model objektif
(3) model campuran multivariasi
3. Pembelajaran & penilaian berbasis KTSP
150’
OHP, LCD, Laptop, Hand out
(1) Evaluasi Kurikulum

Nana Syaodih S, Pengembangan Kurikulum, 2007 : 172-190
(2) Pembelajaran & penialian berbasis KTSP

E. Mulyasa, KTSP Sebuah Panduan Praktis, 2006 : 245-261
Porto folio, Kuis, Performance dan Tes
Previous
Next Post »
0 Komentar