I. LATAR BELAKANG
Pada saat ini perkembangan di berbagai bidang semakin meningkat.
Untuk itu dibutuhkan pula Sumber Daya Manusia yang mampu untuk
menghadapi perkembangan jaman yang semakin maju. Terkait dengan SDM,
maka tidak bisa lepas dari dunia pendidikan. Dunia pendidikan sangat
berperan dalam menciptakan SDM yang handal. Untuk itu maka sekarang
dikenalkan pembelajaran dengan metode KBK (Kurikulum Berbasis
Kompetensi). Dengan metode KBK ini, maka diharapkan para anak didik
yang lulus sudah siap dengan lapangan pekerjaan yang akan dihadapi.
Untuk mewujudkan metode KBK harus didukung dengan peralatan yang
memadai.
Untuk memenuhi tuntutan KBK tersebut , maka diharapkan setiap sekolah
memiliki sarana pendukungnya. Tersedianya laboratorium yang lengkap
sebagai sarana penunjang belajar bagi para siswa merupakan suatu
kebutuhan utama dalam meningkatkan mutu pendidikan saat ini,
sekaligus dapat digunakan untuk meningkatkan status AKREDITASI
lembaga tersebut. Untuk membantu program tersebut kami membuat
perangkat LAB BAHASA yang memenuhi standar dengan harga terjangkau
dan bergaransi.
Disini kami tawarkan
produk dari kami dengan fasilitas dan harga yang berbeda, namun tetap
memenuhi standar dan bergaransi.
II. GAMBARAN PRODUK
Perangkat ini adalah buatan kami sendiri. Dengan
memakai perangkat rakitan ini, maka biaya yang dikeluarkan menjadi
jauh lebih sedikit dan memiliki beberapa kelebihan dibanding
perangkat yang Build up.
Namun perangkat ini tetap memenuhi standar lab bahasa dan bergaransi.
Disini kami perkenalkan beberapa type produk perangkat Lab Bahasa,
yaitu :
- Lab Bahasa Standart
Merupakan perangkat lab bahasa yang mempunyai kemampuan standar,
seperti lab bahasa pada umumnya.
- Lab Bahasa Writing system
Merupakan perangkat lab bahasa pada umumnya dengan kemampuan tambahan
yaitu ada sistem "writing". Dengan kemampuan ini, maka tiap
siswa yang dipilih dapat mengetik suatu kata atau kalimat melalui
keyboard yang ada di meja siswa. hasil ketikan siswa dapat
ditampilkan di monitor Guru dan Monitor besar di depan kelas. Jadi
pada tipe ini dimeja siswa selain terdapat Terminal Siswa juga
terdapat Keyboard.
- Lab Bahasa Writing + Scoring System
Yaitu lab bahasa writing system dengan perangkat tambahan yaitu
system scoring otomatis. Dengan program ini guru dapat menguji hasil
belajar siswa dengan ujian pilihan ganda, yang mana program langsung
memberikan nilai sehasil ujian setiap siswa secara otomatis.
- Lab Bahasa Multimedia
Merupakan perangkat lab bahasa yang memanfaatkan lab komputer untuk
sekaligus digunakan sebagai lab Bahasa. Dengan
memanfaatkan lab Komputer yang ada, maka biaya pembuatannya akan jauh
lebih murah.
III. KEMAMPUAN DAN KELEBIHAN
Berikut kelebihan lab
bahasa dari kami :
1. Biaya murah.
2. Pengoperasian Panel Guru mudah.
Pengoperasian Panel menggunakan software di layar
komputer, sehingga tidak banyak tombol di
meja Guru.
3. Peralatan
Audio Video terintegrasi dengan komputer guru.
Komputer guru bisa dimanfaatkan sebagai pemutar
video atau kaset untuk belajar siswa.4.
Pengontrolan komunikasi mudah.
Dengan memakai software yang ada, maka pengaturan
komunikasi antara guru dan siswa menjadi
mudah, seperti:
-Writing (istimewa):
Siswa dapat mengetik suatu kata atau kalimat
melalui keyboard yang sudah terdapat di meja siswa. Hasil ketikan
dapat terlihat di monitor besar, sehingga guru /siswa lain dapat
melihatnya. Paket istimewa ini di pakai untuk memenuhi kebutuhan KBK
yaitu; mendengar, bercakap, menulis.
-Conference dan Group 4:
Guru dapat membentuk group-group conference, tiap group terdiri dari
4 siswa. Masing-masing siswa dalam satu group bisa saling komunikasi
tanpa mengganggu group yang lain.
-Scan:
Guru dapat memonitor siswa yang ingin bertanya atau menjawab pada
sesi tanya jawab.
-All call:
Guru berbicara kepada seluruh siswa.
-Intercom :
Guru dapat berkomunikasi dengan salah satu siswa tanpa didengar oleh
siswa yang lainnya
-Monitor:
Guru dapat memonitor kegiatan masing-masing siswa yang dinginkan saja
tanpa diiketahui oleh siswa yang sedang dimonitor dan guru dapat
gabung didalamnya bila dinginginkan
-Alternatif source program:
Guru dapat memberikan materi kepada siswa dari berbagai media seperti
tape, tv, vcd, computer dan bisa dari guru dan siswa
-Recording:
Suara siswa yang masuk ke Master Kontrol dapat direkam menggunakan
komputer dan disimpan dalam bentuk file. Dengan
cara ini maka proses perekaman dan pemutaran hasil rekaman jadi lebih
mudah.
IV. SISTEM KERJA
Untuk menciptakan sebuah Lab. Bahasa dibutuhkan beberapa peralatan
dan software yang dapat bekerja bersama dan terintegrasi. Setiap
komponen memiliki fungsi dan daya dukung ke komponen yang lain.
Berikut beberapa komponen atau alat yang dibutuhkan untuk pembuatan
Lab. Bahasa ini.
1. Komputer
Komputer berguna bagi media pengontrol sistem lab,
karena di komputer ini software master panel ditempatkan. Dengan
komputer ini pula mode komunikasi siswa dan
guru akan diatur.
Berikut spesifikasi minimal komputer yang dibutuhkan.
- " Intel Pentium II 300 MHz
- " RAM 64 MB
- " HardDisk 4 GB
- " Sound Card
- " VGA 2 MB
- " Microsoft Windows 95, 98, ME, 2000, XP
2. Master Kontrol
Merupakan alat pengatur komunikasi di ruang kelas.
Melalui alat ini maka guru dapat berbicara dengan salah satu siswa
secara pribadi hanya berdua saja, siswa yang lain tidak mendengar.
Dengan alat ini pula, metode belajar diatur. Berikut mode belajar
yang bisa diatur oleh Kontrol Panel.
" Mode Lesson
Pada mode ini seluruh siswa akan mendengar materi
yang disampaikan oleh guru. Seluruh siswa dapat mendengar percakapan
yang dilakukan guru dan percakapan siswa yang ditunjuk.Pada mode ini,
maka semua chanel siswa akan terlihat. Pada mode ini juga dapat
diaktifkan juga Conference. Jika tombol nomor chanel di pilih, maka
guru hanya dapat berbicara dengan siswa
pada nomor tersebut.
" Mode Listening
Pada mode ini seluruh siswa dapat mendengar
percakapan guru dan perlengkapan Audio Video akan aktif, Guru bisa
menggunakan Kaset atau VCD sebagai materi
pelajaran
" Mode Writing
Pada mode ini, jika fungsi keyboard diaktifkan.
Maka siswa yang dipilih oleh guru dapat mengetik lewat keyboard yang
ada di meja siswa, hasil ketikan akan muncul di monitor guru dan
monitor besar. Selain dapat mengetik, siswa juga tetap bisa
berkomunikasi dengan guru.
" Mode Conference
Pada mode ini siswa akan dikelompokkan, tiap 4 siswa dijadikan satu
grup. Siswa dalam satu grup dapat saling bercakap-cakap dan grup yang
lain tidak bisa mendengar. Guru dapat bergabung dan berbicara dengan
salah satu grup yang ada.
Untuk mengaktifkan mode yang ingin digunakan, guru tinggal memakai
software yang ada dan menekan tombol yang tersedia. Semua pengaturan
metode belajar diatur lewat komputer dengan software yang tersedia.
3. Terminal Siswa
Merupakan perangkat elektronik yang ditempatkan di
meja siswa. Terminal siswa merupakan alat pengirim data dan suara
dari siswa ke Master Panel. Pada terminal siswa ini terdapat
Headset, tombol request, tombol volume, dan keyboard untuk tipe
istimewa. Suara siswa yang keluar dan suara yang masuk melalui
headset serta data dari keyboard, sebelum dikirim ke Master Panel
diolah dulu di Terminal Siswa ini.
4. Software
Merupakan perangkat lunak yang berguna untuk
proses belajar mengajar. Software ini berguna untuk menguji kemampuan
siswa dan untuk mengontrol sistem.
5. Fungsi Tombol pada CONTROL PANEL
- Connect/ Disconnect
Tombol
ini berfungsi untuk mengaktifkan Sistem Lab Bahasa. Sebelum memakai
Lab, sebelumnya harus tekan tombol ini agar
Lab aktif. Untuk me-nonaktifkan tekan tombol ini sekali lagi
(disconnect ).
2. Keluar
Berfungsi
untuk mengakhiri program. Sebelum Sistem
Lab Bahasa dimatikan. Sebelumnya harus tekan tombol ini
3. Port COM
Berguna
untuk memilih jalur komunikasi data yang di pakai ( biasanya 1 s/d 3
). Jika pakai 1 tidak bisa, maka pakai 2,
jika tetap tidak bisa pakai 3 dan seterusnya
4. All Listen
Suara guru akan terdengar oleh seluruh siswa melalui headset.
5. Conference
Berfungsi
untuk memulai pelajaran DISKUSI. Jika mode ini diaktifkan, secara
otomatis semua siswa akan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok.
Tiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Siswa dalam satu kelompok dapat
saling becakap tanpa didengar oleh kelompok yang lain. Jika guru
ingin bergabung dengan kelompok tersebut, maka klick di nomor siswa
yang tergabung dalam kelompok tersebut.
6. Listening
Berfungsi
untuk mengaktifkan mode listening. Pada mode ini masukan dari Guru
atau Komputer akan masuk/ didengar oleh
seluruh siswa.
7. Call Permit
Tombol
ini bisa dipakai jika fungsi ALL LISTEN aktif. Jika tombol ini
diaktifkan, maka siswa bisa memberi
interupsi dengan menekan tombol CALL selama 8 detik. Siswa yang
menekan tombol akan terlihat pada panel software di Master.
8. Search
Berfungsi
untuk mendeteksi siswa yang mau bertanya atau menjawab. Apabila
tombol ini diaktifkan, maka jika siswa
menekan tombol CALL di STUDENT TERMINAL maka siswa tersebut akan
langsung terhubung dengan Guru. Apabila tombol ini tidak aktif,
meskipun siswa menekan tombol CALL tidak akan terhubung dengan Guru.
Siapa yang tercepat menekan tombol akan terhubung dengan Guru.
9. Record
Berfungsi
untuk merekam suara siswa yang masuk ke system dengan memakai
komputer.
10. Keyboard
Berfungsi
untuk mengaktifkan keyboard siswa yang dipilih. Jika tombol ini
diaktifkan, maka siswa yang dipilih dapat
mengetik dan tampil di layar monitor.”Khusus
untuk Type Executive With Writing System”
11. Text 2
Jika
fungsi ini diaktifkan, pada mode KEYBOARD. Maka akan muncul Window/
tampilan baru, khusus untuk menampilkan hasil ketikan siswa atau
guru. Terpisah dari program Master Kontrol.
12. Monitor
Jika
tombol ini diaktifkan, secara otomatis dan berurutan, satu per satu
siswa akan terhubung dengan guru secara
bergantian.
13. Tombol Bar dibawah Monitor
Berguna untuk mengatur kecepatan monitoring.
14. Open File
Berfungsi untuk membuka file rekaman,video,musik ( *.mp3, *.dat,
*.wav, *.avi )
15. Reset
Jika
di klick maka akan meRESET mode belajar yang sedang dijalankan. Jika
tombol ini ditekan maka semua kembali
netral, tidak ada satupun siswa yang terhubung, speaker mati,
searching mati.
16. Speaker
Berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan speaker ruangan.
17. Aux/ AV
Berfungsi
untuk mengaktifkan mode listening. Pada mode ini masukan dari VCD,
TAPE dan CPU akan masuk/ didengar oleh seluruh siswa. Jadi mode ini
berfungsi untuk mengaktifkan sumber dari VCD, TAPE dan CPU.
18. Student
Berfungsi
untuk Mengaktifkan agar suara siswa bisa masuk ke speaker ruangan,
agar bisa didengar siswa lainnya.
19. Tombol nomor ( 1 - 64 )
Merupakan
tombol yang menunjukkan nomor siswa. Apabila tombol nomor siswa di
tekan, maka guru akan terhubung dengan siswa tersebut. Siswa lain
yang tidak dipilih tidak dapat terhubung.
20.
Reset
Pada
gambar seperti diatas jika di klick maka akan meRESET mode belajar
yang sedang dijalankan. Jika tombol ini ditekan maka semua kembali
netral, tidak ada satupun siswa yang terhubung, speaker mati,
searching mati. Untuk mematikan
fungsi tiap tombol, tekan sekali lagi tombol yang
diaktifkan tersebut atau tekan RESET
21. Writing
Siswa
yang dipilih oleh guru dapat mengetik lewat keyboard yang ada di meja
siswa, hasil ketikan akan muncul di monitor guru dan monitor ruangan.
Selain dapat mengetik, siswa juga tetap bisa berkomunikasi dengan
guru.
22.
Scoring
Dengan fungsi ini, guru bisa memberikan ujian kepada siswa dengan
test pilihan ganda. Hasil ujian atau nilai siswa/score akan secara
otomatis terlihat. Baik score tiap individu atau score seluruh kelas.
V.
SPESIFIKASI ALAT
1. Master Kontrol
1. Master Kontrol
TIPE KONEKSI
|
TIPE PORT
|
Data Kontrol ke Komputer
Data KeyBoard ke Komputer Audio in/out ke Komputer |
Serial Port RS232 ( DB9 )
Header4 / RJ45 RCA |
Master Kontrol ke Terminal Siswa
|
Header4 / RJ45 / IDC10
|
Master ke Sound Sistem
|
RCA
|
Master ke VCD
|
RCA
|
Master ke TV ( perangkat display )
|
RCA
|
Catu daya input
Tegangan Output |
AC 220V / 200Watt
DC 12V / 300mA tiap Port |
2.
Terminal Siswa
TIPE KONEKSI
|
TIPE PORT
|
Data in/out
|
IDC10 / RJ45
|
Ke Keyboard
|
Header4 / RJ45
|
Ke Headset
|
Mic Socket ( canon )
|
Ke Tape Recorder
|
Header4 / IDC10
|
Tombol Volume
|
General Volume Control
|
Tombol Request
|
Push Switch
|
Catu Daya
|
DC 12V / 300mA
|
3.
Alat Pendukung
Jenis
|
Spesifikasi
|
Headset
|
Serial Port RS232 ( DB9 )
Headphone : Frequensi Range : 20 - 20.000 Hz Impedance : 32 Ohm Sensitivity : 92 dB SPL Microphone : Frequensi Range : 100 - 10.000 Hz Impedance : 2 KOhm Sensitivity : -58 dB @ 1KHz |
Keyboard
|
Standar PS2 CPU Keyboard
|
Audio Sistem
|
2 Speaker output, 100W / 8 Ohm
|
Kabel
|
Coaxial Cable
|
Kursi
|
Rangka besi
|
Meja Siswa
|
Multiplex
|
VI. PENUTUP
Kebutuhan akan laboratorium seperti halnya
laboratorium bahasa dirasa sangat perlu untuk meningkatkan kemampuan
siswa. Dengan adanya laboratorium bahasa maka siswa akan merasa
senang dalam belajar bahasa. Lab. Bahasa akan bisa meningkatkan
motifasi belajar dan prestasi siswa.
Untuk memenuhi kebutuhan Lab Bahasa, Kami menciptakan perangkat Lab
Bahasa dengan harga terjangkau dan memenuhi standar Lab Bahasa,
bahkan memiliki beberapa kelebihan dibanding yang lain.
Demikian proposal penawaran dari kami, semoga bermanfaat dan dapat
terjalin kerjasama yang baik.
CONTACT PERSON : 085669636362
0 Komentar