KLIK DISINI...!

JASA PEMBUATAN LAB BAHASA

20.47
I. LATAR BELAKANG
Pada saat ini perkembangan di berbagai bidang semakin meningkat. Untuk itu dibutuhkan pula Sumber Daya Manusia yang mampu untuk menghadapi perkembangan jaman yang semakin maju. Terkait dengan SDM, maka tidak bisa lepas dari dunia pendidikan. Dunia pendidikan sangat berperan dalam menciptakan SDM yang handal. Untuk itu maka sekarang dikenalkan pembelajaran dengan metode KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Dengan metode KBK ini, maka diharapkan para anak didik yang lulus sudah siap dengan lapangan pekerjaan yang akan dihadapi. Untuk mewujudkan metode KBK harus didukung dengan peralatan yang memadai.
Untuk memenuhi tuntutan KBK tersebut , maka diharapkan setiap sekolah memiliki sarana pendukungnya. Tersedianya laboratorium yang lengkap sebagai sarana penunjang belajar bagi para siswa merupakan suatu kebutuhan utama dalam meningkatkan mutu pendidikan saat ini, sekaligus dapat digunakan untuk meningkatkan status AKREDITASI lembaga tersebut. Untuk membantu program tersebut kami membuat perangkat LAB BAHASA yang memenuhi standar dengan harga terjangkau dan bergaransi.
Disini kami tawarkan produk dari kami dengan fasilitas dan harga yang berbeda, namun tetap memenuhi standar dan bergaransi.

II. GAMBARAN PRODUK
Perangkat ini adalah buatan kami sendiri. Dengan memakai perangkat rakitan ini, maka biaya yang dikeluarkan menjadi jauh lebih sedikit dan memiliki beberapa kelebihan dibanding perangkat yang Build up. Namun perangkat ini tetap memenuhi standar lab bahasa dan bergaransi. Disini kami perkenalkan beberapa type produk perangkat Lab Bahasa, yaitu :
  1. Lab Bahasa Standart
Merupakan perangkat lab bahasa yang mempunyai kemampuan standar, seperti lab bahasa pada umumnya.
  1. Lab Bahasa Writing system
Merupakan perangkat lab bahasa pada umumnya dengan kemampuan tambahan yaitu ada sistem "writing". Dengan kemampuan ini, maka tiap siswa yang dipilih dapat mengetik suatu kata atau kalimat melalui keyboard yang ada di meja siswa. hasil ketikan siswa dapat ditampilkan di monitor Guru dan Monitor besar di depan kelas. Jadi pada tipe ini dimeja siswa selain terdapat Terminal Siswa juga terdapat Keyboard.



  1. Lab Bahasa Writing + Scoring System
Yaitu lab bahasa writing system dengan perangkat tambahan yaitu system scoring otomatis. Dengan program ini guru dapat menguji hasil belajar siswa dengan ujian pilihan ganda, yang mana program langsung memberikan nilai sehasil ujian setiap siswa secara otomatis.
  1. Lab Bahasa Multimedia
Merupakan perangkat lab bahasa yang memanfaatkan lab komputer untuk sekaligus digunakan sebagai lab Bahasa. Dengan memanfaatkan lab Komputer yang ada, maka biaya pembuatannya akan jauh lebih murah.

III. KEMAMPUAN DAN KELEBIHAN
Berikut kelebihan lab bahasa dari kami :
1. Biaya murah.
2. Pengoperasian Panel Guru mudah.
Pengoperasian Panel menggunakan software di layar komputer, sehingga tidak banyak tombol di meja Guru.
3. Peralatan Audio Video terintegrasi dengan komputer guru.
Komputer guru bisa dimanfaatkan sebagai pemutar video atau kaset untuk belajar siswa.4. Pengontrolan komunikasi mudah.
Dengan memakai software yang ada, maka pengaturan komunikasi antara guru dan siswa menjadi mudah, seperti:
-Writing (istimewa):
Siswa dapat mengetik suatu kata atau kalimat melalui keyboard yang sudah terdapat di meja siswa. Hasil ketikan dapat terlihat di monitor besar, sehingga guru /siswa lain dapat melihatnya. Paket istimewa ini di pakai untuk memenuhi kebutuhan KBK yaitu; mendengar, bercakap, menulis.
-Conference dan Group 4:
Guru dapat membentuk group-group conference, tiap group terdiri dari 4 siswa. Masing-masing siswa dalam satu group bisa saling komunikasi tanpa mengganggu group yang lain.
-Scan:
Guru dapat memonitor siswa yang ingin bertanya atau menjawab pada sesi tanya jawab.
-All call:
Guru berbicara kepada seluruh siswa.
-Intercom :
Guru dapat berkomunikasi dengan salah satu siswa tanpa didengar oleh siswa yang lainnya
-Monitor:
Guru dapat memonitor kegiatan masing-masing siswa yang dinginkan saja tanpa diiketahui oleh siswa yang sedang dimonitor dan guru dapat gabung didalamnya bila dinginginkan
-Alternatif source program:
Guru dapat memberikan materi kepada siswa dari berbagai media seperti tape, tv, vcd, computer dan bisa dari guru dan siswa
-Recording:
Suara siswa yang masuk ke Master Kontrol dapat direkam menggunakan komputer dan disimpan dalam bentuk file. Dengan cara ini maka proses perekaman dan pemutaran hasil rekaman jadi lebih mudah.

IV. SISTEM KERJA
Untuk menciptakan sebuah Lab. Bahasa dibutuhkan beberapa peralatan dan software yang dapat bekerja bersama dan terintegrasi. Setiap komponen memiliki fungsi dan daya dukung ke komponen yang lain. Berikut beberapa komponen atau alat yang dibutuhkan untuk pembuatan Lab. Bahasa ini.
1. Komputer
Komputer berguna bagi media pengontrol sistem lab, karena di komputer ini software master panel ditempatkan. Dengan komputer ini pula mode komunikasi siswa dan guru akan diatur.
Berikut spesifikasi minimal komputer yang dibutuhkan.
  • " Intel Pentium II 300 MHz
  • " RAM 64 MB
  • " HardDisk 4 GB
  • " Sound Card
  • " VGA 2 MB
  • " Microsoft Windows 95, 98, ME, 2000, XP
2. Master Kontrol
Merupakan alat pengatur komunikasi di ruang kelas. Melalui alat ini maka guru dapat berbicara dengan salah satu siswa secara pribadi hanya berdua saja, siswa yang lain tidak mendengar. Dengan alat ini pula, metode belajar diatur. Berikut mode belajar yang bisa diatur oleh Kontrol Panel.
" Mode Lesson
Pada mode ini seluruh siswa akan mendengar materi yang disampaikan oleh guru. Seluruh siswa dapat mendengar percakapan yang dilakukan guru dan percakapan siswa yang ditunjuk.Pada mode ini, maka semua chanel siswa akan terlihat. Pada mode ini juga dapat diaktifkan juga Conference. Jika tombol nomor chanel di pilih, maka guru hanya dapat berbicara dengan siswa pada nomor tersebut.
" Mode Listening
Pada mode ini seluruh siswa dapat mendengar percakapan guru dan perlengkapan Audio Video akan aktif, Guru bisa menggunakan Kaset atau VCD sebagai materi pelajaran
" Mode Writing
Pada mode ini, jika fungsi keyboard diaktifkan. Maka siswa yang dipilih oleh guru dapat mengetik lewat keyboard yang ada di meja siswa, hasil ketikan akan muncul di monitor guru dan monitor besar. Selain dapat mengetik, siswa juga tetap bisa berkomunikasi dengan guru.
" Mode Conference
Pada mode ini siswa akan dikelompokkan, tiap 4 siswa dijadikan satu grup. Siswa dalam satu grup dapat saling bercakap-cakap dan grup yang lain tidak bisa mendengar. Guru dapat bergabung dan berbicara dengan salah satu grup yang ada.
Untuk mengaktifkan mode yang ingin digunakan, guru tinggal memakai software yang ada dan menekan tombol yang tersedia. Semua pengaturan metode belajar diatur lewat komputer dengan software yang tersedia.

3. Terminal Siswa
Merupakan perangkat elektronik yang ditempatkan di meja siswa. Terminal siswa merupakan alat pengirim data dan suara dari siswa ke Master Panel. Pada terminal siswa ini terdapat Headset, tombol request, tombol volume, dan keyboard untuk tipe istimewa. Suara siswa yang keluar dan suara yang masuk melalui headset serta data dari keyboard, sebelum dikirim ke Master Panel diolah dulu di Terminal Siswa ini.

4. Software
Merupakan perangkat lunak yang berguna untuk proses belajar mengajar. Software ini berguna untuk menguji kemampuan siswa dan untuk mengontrol sistem.

5. Fungsi Tombol pada CONTROL PANEL

  1. Connect/ Disconnect
Tombol ini berfungsi untuk mengaktifkan Sistem Lab Bahasa. Sebelum memakai Lab, sebelumnya harus tekan tombol ini agar Lab aktif. Untuk me-nonaktifkan tekan tombol ini sekali lagi (disconnect ).



2. Keluar
Berfungsi untuk mengakhiri program. Sebelum Sistem Lab Bahasa dimatikan. Sebelumnya harus tekan tombol ini

3. Port COM
Berguna untuk memilih jalur komunikasi data yang di pakai ( biasanya 1 s/d 3 ). Jika pakai 1 tidak bisa, maka pakai 2, jika tetap tidak bisa pakai 3 dan seterusnya

4. All Listen
Suara guru akan terdengar oleh seluruh siswa melalui headset.

5. Conference
Berfungsi untuk memulai pelajaran DISKUSI. Jika mode ini diaktifkan, secara otomatis semua siswa akan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Siswa dalam satu kelompok dapat saling becakap tanpa didengar oleh kelompok yang lain. Jika guru ingin bergabung dengan kelompok tersebut, maka klick di nomor siswa yang tergabung dalam kelompok tersebut.

6. Listening
Berfungsi untuk mengaktifkan mode listening. Pada mode ini masukan dari Guru atau Komputer akan masuk/ didengar oleh seluruh siswa.

7. Call Permit
Tombol ini bisa dipakai jika fungsi ALL LISTEN aktif. Jika tombol ini diaktifkan, maka siswa bisa memberi interupsi dengan menekan tombol CALL selama 8 detik. Siswa yang menekan tombol akan terlihat pada panel software di Master.

8. Search
Berfungsi untuk mendeteksi siswa yang mau bertanya atau menjawab. Apabila tombol ini diaktifkan, maka jika siswa menekan tombol CALL di STUDENT TERMINAL maka siswa tersebut akan langsung terhubung dengan Guru. Apabila tombol ini tidak aktif, meskipun siswa menekan tombol CALL tidak akan terhubung dengan Guru. Siapa yang tercepat menekan tombol akan terhubung dengan Guru.

9. Record
Berfungsi untuk merekam suara siswa yang masuk ke system dengan memakai komputer.

10. Keyboard
Berfungsi untuk mengaktifkan keyboard siswa yang dipilih. Jika tombol ini diaktifkan, maka siswa yang dipilih dapat mengetik dan tampil di layar monitor.”Khusus untuk Type Executive With Writing System”

11. Text 2
Jika fungsi ini diaktifkan, pada mode KEYBOARD. Maka akan muncul Window/ tampilan baru, khusus untuk menampilkan hasil ketikan siswa atau guru. Terpisah dari program Master Kontrol.

12. Monitor
Jika tombol ini diaktifkan, secara otomatis dan berurutan, satu per satu siswa akan terhubung dengan guru secara bergantian.


13. Tombol Bar dibawah Monitor
Berguna untuk mengatur kecepatan monitoring.

14. Open File
Berfungsi untuk membuka file rekaman,video,musik ( *.mp3, *.dat, *.wav, *.avi )

15. Reset
Jika di klick maka akan meRESET mode belajar yang sedang dijalankan. Jika tombol ini ditekan maka semua kembali netral, tidak ada satupun siswa yang terhubung, speaker mati, searching mati.

16. Speaker
Berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan speaker ruangan.

17. Aux/ AV
Berfungsi untuk mengaktifkan mode listening. Pada mode ini masukan dari VCD, TAPE dan CPU akan masuk/ didengar oleh seluruh siswa. Jadi mode ini berfungsi untuk mengaktifkan sumber dari VCD, TAPE dan CPU.

18. Student
Berfungsi untuk Mengaktifkan agar suara siswa bisa masuk ke speaker ruangan, agar bisa didengar siswa lainnya.

19. Tombol nomor ( 1 - 64 )
Merupakan tombol yang menunjukkan nomor siswa. Apabila tombol nomor siswa di tekan, maka guru akan terhubung dengan siswa tersebut. Siswa lain yang tidak dipilih tidak dapat terhubung.

20. Reset




Pada gambar seperti diatas jika di klick maka akan meRESET mode belajar yang sedang dijalankan. Jika tombol ini ditekan maka semua kembali netral, tidak ada satupun siswa yang terhubung, speaker mati, searching mati. Untuk mematikan fungsi tiap tombol, tekan sekali lagi tombol yang
diaktifkan tersebut atau tekan RESET

21. Writing
Siswa yang dipilih oleh guru dapat mengetik lewat keyboard yang ada di meja siswa, hasil ketikan akan muncul di monitor guru dan monitor ruangan. Selain dapat mengetik, siswa juga tetap bisa berkomunikasi dengan guru.

22. Scoring
Dengan fungsi ini, guru bisa memberikan ujian kepada siswa dengan test pilihan ganda. Hasil ujian atau nilai siswa/score akan secara otomatis terlihat. Baik score tiap individu atau score seluruh kelas.





V. SPESIFIKASI ALAT
1.
Master Kontrol
TIPE KONEKSI
TIPE PORT
Data Kontrol ke Komputer
Data KeyBoard ke Komputer
Audio in/out ke Komputer
Serial Port RS232 ( DB9 )
Header4 / RJ45
RCA
Master Kontrol ke Terminal Siswa
Header4 / RJ45 / IDC10
Master ke Sound Sistem
RCA
Master ke VCD
RCA
Master ke TV ( perangkat display )
RCA
Catu daya input
Tegangan Output
AC 220V / 200Watt
DC 12V /
300mA tiap Port
2. Terminal Siswa
TIPE KONEKSI
TIPE PORT
Data in/out
IDC10 / RJ45
Ke Keyboard
Header4 / RJ45
Ke Headset
Mic Socket ( canon )
Ke Tape Recorder
Header4 / IDC10
Tombol Volume
General Volume Control
Tombol Request
Push Switch
Catu Daya
DC 12V / 300mA
3. Alat Pendukung
Jenis
Spesifikasi
Headset
Serial Port RS232 ( DB9 )
Headphone :
Frequensi Range : 20 - 20.000 Hz
Impedance : 32 Ohm
Sensitivity : 92 dB SPL
Microphone :
Frequensi Range : 100 - 10.000 Hz
Impedance : 2 KOhm
Sensitivity : -58 dB @ 1KHz
Keyboard
Standar PS2 CPU Keyboard
Audio Sistem
2 Speaker output, 100W / 8 Ohm
Kabel
Coaxial Cable
Kursi
Rangka besi
Meja Siswa
Multiplex

VI. PENUTUP
Kebutuhan akan laboratorium seperti halnya laboratorium bahasa dirasa sangat perlu untuk meningkatkan kemampuan siswa. Dengan adanya laboratorium bahasa maka siswa akan merasa senang dalam belajar bahasa. Lab. Bahasa akan bisa meningkatkan motifasi belajar dan prestasi siswa.
Untuk memenuhi kebutuhan Lab Bahasa, Kami menciptakan perangkat Lab Bahasa dengan harga terjangkau dan memenuhi standar Lab Bahasa, bahkan memiliki beberapa kelebihan dibanding yang lain.
Demikian proposal penawaran dari kami, semoga bermanfaat dan dapat terjalin kerjasama yang baik.






















































































































CONTACT PERSON : 085669636362


Previous
Next Post »
0 Komentar